September 28, 2022

Suka atau tidak, akuntansi adalah salah satu tugas yang harus dihadapi setiap pemilik bisnis. Dan apakah Anda berniat melakukan pembukuan sendiri atau mempekerjakan profesional, Anda harus terbiasa dengan beberapa istilah dasar akuntansi.

Dua Metode Utama Akuntansi

Akuntansi Berbasis Akrual :  Perusahaan publik dan sebagian besar bisnis dan profesional di Amerika Serikat dan Kanada diwajibkan oleh hukum untuk menggunakan akuntansi berbasis akrual, yang mengharuskan pendapatan dicatat saat pelanggan ditagih dan biaya dicatat saat terjadi, bukan ketika pembayaran yang sebenarnya dilakukan. Akuntansi berbasis akrual  memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kesehatan bisnis jangka panjang.

Cash Basis Accounting :  Cash basis accounting adalah metode sederhana untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran apendapatan dicatat saat pelanggan melakukan pembayaran dan pengeluaran dicatat saat dibayarkan. Ini paling sering digunakan oleh kepemilikan tunggal dan usaha kecil yang tidak memelihara inventaris. Jika pelanggan memiliki persyaratan kredit, pendapatan tidak dicatat sampai pembayaran penuh diterima, terlepas dari tanggal faktur. Demikian pula, jika bisnis mengeluarkan biaya secara kredit, biaya tersebut tidak dicatat sampai tagihan dilunasi.

Laporan keuangan

Neraca :  Sebuah  neraca adalah snapshot dari status keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Ini diatur ke dalam dua kolom utama, dengan aset di satu kolom dan kewajiban dan ekuitas di kolom lainnya. Kedua belah pihak selalu sama satu sama lain (dengan kata lain, aset = ekuitas dikurangi kewajiban).

Laporan Arus Kas : arus kas pernyataan  menunjukkan pergerakan kas dan setara kas masuk dan keluar dari bisnis. Laporan arus kas adalah alat penting untuk mengevaluasi kesehatan bisnis, karena memungkinkan untuk menunjukkan keuntungan pada laporan laba rugi sambil menguras uang tunai dari bisnis. Sebagian besar perusahaan yang gagal melakukannya karena masalah arus kas yang kronis.

Buku Besar : Buku  besar adalah pencatatan lengkap transaksi keuangan perusahaan selama masa hidup organisasi, termasuk aset, kewajiban, pendapatan, pengeluaran, dan ekuitas.

Laporan Laba Rugi : Laporan  laba rugi (juga dikenal sebagai laporan laba rugi) menunjukkan pendapatan, pengeluaran, dan laba Anda untuk periode tertentu. Ini adalah potret bisnis Anda yang menunjukkan apakah bisnis Anda menguntungkan atau tidak pada saat itu. Persamaan dasar dari laporan laba rugi adalah: pendapatan dikurangi biaya sama dengan untung atau rugi.

Istilah Akuntansi yang Digunakan pada Laporan Keuangan

Hutang Usaha (AP) : Hutang adalah jumlah yang terutang oleh bisnis kepada vendor, pemasok, tuan tanah, dan penyedia layanan lainnya. Ini dicatat sebagai kewajiban di neraca.

Piutang Usaha (AR ):  Piutang usaha adalah jumlah uang yang terutang kepada bisnis oleh pelanggan atau klien untuk barang dan jasa yang diberikan. Karena klien memiliki kewajiban hukum untuk membayar, jumlah tersebut dimasukkan sebagai aset di neraca.

Akrual :  Akrual adalah pendapatan yang diperoleh tetapi belum secara resmi dimasukkan ke dalam pembukuan (seperti penjualan yang diselesaikan tetapi tidak ditagih) atau biaya yang masuk tetapi belum diterima (seperti barang yang dibeli tetapi belum ditagih).

Aset : Aset adalah segala sesuatu yang bernilai moneter yang dimiliki oleh bisnis. Aset bisnis berwujud yang umum termasuk tanah, bangunan, peralatan, uang tunai, kendaraan, piutang, dll. Aset tidak berwujud termasuk daftar klien, perjanjian waralaba, perjanjian keuangan atau sewa yang menguntungkan, nama merek,  paten , hak cipta, dll. Aset dinyatakan dalam bentuk nilai tunai mereka di neraca.  

Beban Piutang Tak Tertagih :  Piutang tak tertagih terjadi ketika pelanggan tidak membayar jumlah yang terutang. Mereka dicatat sebagai beban pada laporan keuangan.

Modal (Juga Dikenal sebagai Modal Kerja ):  Modal kerja adalah uang yang dimiliki perusahaan untuk membayar tagihan atau menginvestasikan kembali. Itu sama dengan nilai semua aset lancar dikurangi kewajiban lancar dan dianggap sebagai ukuran utama kesehatan bisnis

Penyusutan :  Penyusutan terjadi karena aset bisnis seperti kendaraan dan peralatan menurun nilainya dari waktu ke waktu karena penggunaan atau keusangan. Penyusutan adalah pengurangan pajak yang penting persentase dari nilai asli aset dapat dihapuskan setiap tahun berdasarkan tingkat penyusutan.

Dividen :  Dividen adalah pembagian sebagian pendapatan perusahaan kepada pemilik (pemegang saham) bisnis. Dividen dapat diterbitkan secara reguler atau non-reguler dan dapat terdiri dari uang tunai atau saham tambahan dalam bisnis. Untuk tujuan pajak, pemilik bisnis mungkin lebih memilih dividen daripada gaji. 

Ekuitas (Juga Dikenal sebagai Ekuitas Pemilik atau Pemegang Saham) :  Ekuitas adalah jumlah uang yang diinvestasikan di perusahaan oleh pemilik (pemegang saham) ditambah laba yang ditahan (tidak dibayarkan kepada pemilik) dikurangi kewajiban atau uang yang diambil dalam bentuk menarik.

Beban :  Beban adalah biaya yang dikeluarkan oleh bisnis untuk menghasilkan pendapatan. Beban dapat tetap (seperti sewa atau gaji) atau variabel—beban yang berfluktuasi tergantung pada penjualan atau siklus produksi.

Tahun Fiskal :  Tahun fiskal adalah periode 12 bulan yang merupakan awal dan akhir dari catatan keuangan tahunan untuk suatu bisnis. Itu tidak selalu sesuai dengan tahun kalender. Misalnya, bisnis musiman seperti pertanian sering menggunakan tahun fiskal yang berakhir pada musim gugur.

Kewajiban :  Kewajiban adalah kewajiban keuangan yang terutang oleh perusahaan, termasuk gaji, pajak penghasilan, sewa, utilitas, pembayaran bunga, dan jumlah yang terutang kepada pemasok. Kewajiban bisa jangka pendek atau panjang dan dikelompokkan di neraca dalam urutan klasifikasi.

Pendapatan : Pendapatan  kotor bisnis adalah jumlah semua uang yang dihasilkan melalui penjualan barang dan jasa, bunga yang dibebankan, royalti, penjualan aset, properti sewaan, dan banyak lagi, sebelum dikurangi biaya.

Akuntansi Menjadi Mudah

Jika Anda memutuskan untuk melakukan beberapa atau semua akuntansi Anda sendiri, ada sejumlah paket akuntansi berbasis cloud yang murah dan mudah dipelajari yang tersedia untuk bisnis kecil yang dapat membantu Anda melakukan beberapa atau semua hal berikut:

  • Buat faktur
  • Catat pengeluaran
  • Digunakan sebagai sistem POS (point of sale)
  • Permudah dalam menghitung, menagih, dan melacak pajak
  • Menghasilkan laporan keuangan

Perangkat lunak bukanlah pengganti untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi. Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah-istilah ini, pastikan untuk mempelajari atau berkonsultasi dengan profesional akuntansi untuk memastikan Anda dapat menilai kesehatan keuangan bisnis Anda secara memadai.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi DariBerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.